Mac OS X Radioactive Background IMSS-FSLDKN XVI: Mengkokohkan Barisan, FSLDK Go International 2014 ~ LDK JAFA
LDK-Lembaga Dakwah Kampus STEI-Yogyakarta, Jamaah Fatahillah

Rabu, 06 Juni 2012

IMSS-FSLDKN XVI: Mengkokohkan Barisan, FSLDK Go International 2014


“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh” (Ash Shaff:4)
Layaknya sebuah bangunan yang kokoh dibangun dari batu bata yang tersusun teratur dan kokoh. Dalam tujuan besar FSLDK melangkahkan kaki lebih jauh lagi. International Student Submite Forum Lembaga Dakwah Kampus Nasional ke XVI(IMSS-FSLDKN XVI) menjadi salah satu wujud nyata merapikan barisan dakwah.
Kegiatan yang akan dilaksanakan selama lima hari ini dibuka pada tanggal 14 Juli 2012 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dihadiri 10000 peserta terdiri dari peserta umum, 3500 peserta dari Lembaga Dakwah Kampus (LDK) se Indonesia dan mahasiswa luar negeri dari 50 negara. Salah satu acara dari serangkaian acara yang diadakan oleh FSLDK dalam IMSS-FSLDKN XVI adalah Internasional Student Islamic Conference (ISIC) yang dihadiri pelajar muslim dari luar negeri. Hal ini adalah langkah awal dari tujuan FSLDK Go Internasional 2014.
“FSLDK merupakan sebuah Forum Silaturahim LDK se indonesia itu mempunyai agenda dua tahunan namanya FSLDKN (FSLDK nasional). Itu sudah terlaksana lima belas kali sampai tahun 2010 kemarin dan untuk tahun 2012 ini, ada sedikit transformasi nama kegiatan ini, seiring dengan grand design fsldk yang akan go international yaitu IMSS-FSLDKN XVI, International Muslim Students Summit-FSLDKN ke 16 yang bertempat di ITB Bandung,” jelas Heru Ruswandar, Koordinator Hubungan Masyarakat Puskomnas.
Kegiatan akbar yang mempunyai visi dan missi Terwujudnya Pemuda Muslim yang Mampu Berperan Aktif dalam Menyelesaikan Permasalahan Duniaini, sudah mengembangkan sayapnya ke berbagai Negara melalui Badan Koordinasi Hubungan Internasional (BK HI) yang dipegang oleh teman-teman Gamais ITB. Beberapa Negara yang pernah dikunjungi adalah Thailand, Malaysia, Turki, dan negara luar negeri lainnya. “Rencananya kami mau juga mengundang teman-teman dari 50 negara secara pasti mana saja saya belum tahu,” tutur mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2006, Universitas Lampung (Unila) ini yang akrab dipanggil Heru.
Selain ISIC terdapat serangkaian acara lainnya, seminar tentang kepemimpinan dengan pengisinya dari Kementrian Indonesia yang tentunya dari birokrasi tokoh-tokoh Islam, adanya rapat komisi FSLDK yang hanya diikuti oleh Aktivis Dakwah Kampus (ADK) perwakilan dari tiap LDK se Indonesia. Dan tidak lupa dimeriahkan pula dengan Islamic Fair yang bisa dinikmati siapa saja karena terbuka untuk umum, outdoor. Tidak terlupakan acara inti dari keseluruhan serangkaian acara adalah pergantian kepengurusan FSLDK yang saat ini dikoordinasi oleh teman-teman LDK Birohmah, Unila.
“Secara global tujuan dari IMSS-FSLDKN XVI ini agar para pemuda muslim semakin sensitif dengan permasalahan umat islam di dunia kalau di RI para pemuda / mahasiswa bisa lebih banyak berperan aktif dalam memberikan sumbangsihnya kepada negara terlebih kepada agamanya Islam tentunya dalam berbagai bentuk,” tegas mahasiswa kelahiran Tanjung Kemala ini. “Harapan saya semoga yang menjadi tujuan dari acara ini bisa terwujud bukan hanya acara saja yang terlaksana,” harap Heru.
Adapun gambaran dari IMSS tersebut sebagai berikut:
1. Pada tangga 15 Juli 2012 :
Opening IMSS sebagai rangkaian awal terawal. Pembuka keseluruhan acara IMSS yang akan membangun semangat IMSS. Di selenggarakan di dalam gedung terbesar di ITB, Sasana Budaya Ganesha (SABUGA) ITB.Mengundang tokoh-tokoh nasional, Gubernur Jabar, dan Rektor ITB. Dimeriahkan oleh kolaborasi angklung sung udjo dengan lagu religi ,pagelaran teatrikal seni tari TEATRIKAL, serta menghadirkan nasyid-nasyid tingkat nasional Ebith Bit A* , Shoutul Haroqah. Opening yang merupakan langkah awal harus dibarengi semangat awal seorang pemuda dengan modal inilah berkarya dan memimpin akan jauh lebih berenergi.
Seminar Nasional Indonesian Young Islamic Leader. Sebuah seminar yang menginspirasi jiwa-jiwa muda untuk berkarya bagi agama dan bangsanya. Mengundang tokoh-tokoh nasional yang telah membuktikan baktinya bagi bangsa untuk berbagi pandangan dan harapannya kepada para calon pemimpin masa depan. Pembicara Dahlan Iskan Menteri BUMN, Sandiaga Salahuddin Uno One of Indonesia’s Richest Men, Anies Baswedan Pendiri Indonesia Mengajar Moderator Goris Mustaqim Pendiri Asgar Muda.
2. 16-18 Juli 2012
Kelas paralel yang berisi seminar umum dengan materi tertentu yang disampaikan oeh pembicara dari pihak sponsor, donatur, pemateri dan partner acara IMSS-FSLDKN XVI. Tujuan kelas ini adalah untuk memperluas wawasan peserta tentang dunia yang digeluti oleh orang dari berbagai bidang.
Jumlah Kelas : 30 kelas
Jumlah peserta : 100-300 orang/kelas
Durasi : 120 menit/kelas
3. 15-19 Juli 2012
@ Gedung Asia Afrika Bandung- International Conference on Solving Islamphobia. Sekitar 50 pemuda muslim dari perwakilan perkumpulan islam di 25 negara akan menghadiri acara ini. Konfrensi ini akan membahas permasalahan-permasalahan Islam di dunia Internasional. Misalnya tragedi kemanusiaan yang terjadi di palestina, deskriminasi umat muslim di negara-negara mayoritas non-muslim dan lain-lain. Output dari International Conference (IC) ini adalah solusi dari permasalahan Islam untuk diimplementasikan sehingga memiliki dampak yang nyata. IC akan mengundang beberapa tokoh yang memiliki kompetensi dalam hal dunia Islam, seperti Menteri Agama, Menteri Luar Negeri dan tokoh-tokoh Islam internasional.
4. 16-18 Juli 2012 -Ke LDK an Acara ini bertujuan untuk mensinergiskan lembaga dakwah kampus (LDK) pada seluruh kampus di Indonesia. Didalamnya terdapat beberapa agenda yang akan dibahas pada Sidang Komisi A, Sidang Komisi B dan Sidang Komisi C. Hasil dari ketiga jenis sidang komisi tersebut akan dibahas dalam suatu sidang gabungan, Sidang Pleno. Selain itu terdapat agenda pemilihan tuan rumah FSLDKN dan penentuan waktu pelaksanaannya, pemilihan Pukomnas FSLDK dan ditutup dengan agenda Musyawarah Nasional. Tak lupa agenda penting lainnya yaitu Sekolah LDK. Agenda ini berisi pembelajaran tentang cara mengelola dan menjalankan lembaga dakwah kampus (LDK) yang ideal dan madani. Sekolah LDK akan dilakukan dalam banyak sesi kelas yang dibagi menjadi beberapa sektor bahasan.
1. Sidang Komisi : 3 bidang sidang komisi yakni: Komisi A(pergerakan &isu nasional), Komisi B (Syiar & Ke-LDKan), Komisi C (Kemuslimahan). Sasaran: pengurus LDK, Pengisi Puskomnas, Output : Membahas Draft agenda dakwah + fiksasi Estimasi jumlah peserta = 3 x 400 orang
2. Sekolah LDK : Peserta dari seluruh kader yang tidak mengikuti sidang komisi, Materi secara umum :
- Media,
- Manajemen LDK,
-Kaderisasi

3. Sidang Pleno dan Penentuan Tuan Rumah. Peserta : semua kader (1200 orang), Output: kandidat / calon nama-nama universitas yang akan menjadi tuan rumah 2014,Moderator : puskomnas, Peserta : seluruh kader Output : 1 nama tuan rumah dan 1 nama puskomnas Pada FSLDKN XVI ini insya Allah akan launching 2 (dua) produk berupa buku tentang:
1. Profil LDK se Nasional Produk ini akan menjadi pusat database terlengkap mengenai profil Lembaga Da’wah Kampus (LDK) se Indonesia dalam bentuk fisik. Akan sangat bermanfaat bagi keberjalanan da’wah ke depannya, khususnya FSLDK.
2. Buku Kisah Inspiratif mu : Produk ini memuat karya-karya tertulis para aktivis dawah kampus se Indonesia yang telah disaring dalam suatu kompetisi menulis yang
diadakan oleh tim IMSS-FSLDKN divisi ke-LDK-an. Tema tulisan yaitu kisah pengalaman pribadi yang inspiratif dan berkaitan dengan dienul Islam tentunya. Bahasan dapat berupa kisah hijab, pengalaman keberjalanan dawah, sharing mengenai pengalaman mendapatkan hidayah, dan lain lain.
5. 18 Juli 2012
Closing IMSS 2012 menjadi pengakhir rangkaian acara IMSS yang akan menjadi ujung tombak hasil-hasil rangkaian IMSS. Dikemas outdoor, diramaikan oleh ribuan masa Bandung. Pawai perdamaian palestin dari ITB menuju Monumen Perjuangan. Membaur dengan keramaian masyarakat dan menyuarakan Islam lebih luas. Di tutup di Monumen
Perjuangan Bandung dan di barengi kehadiran tim KNRP. Dimeriahkan nasyid nasional, flash mob ala muslim dan pendeklarasian hasil IMSS. Rabu ,
18 July 2012, Monumen Perjuangan Bandung, akan dipenuhi ribuan muslim dan suara Islam.
Info Registrasi... 2
3 Mei 2012 :
Batas pengiriman database dalam format excel sesuai ketentuan mekanisme pendaftaran 24 Mei 2012
Batas pelunasan biaya registrasi kepada panitia IMSS 2012 REGISTRASI IMSS FSLDKN 2012 DITUTUP 26 Mei 2012
Pengumuman peserta resmi IMSS FSLDKN XVI 2012 (final).
info Registrasi peserta : http://imss2012.com/registrasi-peserta/
Narasumber:
panitia dan
Nama : Heru Ruswandar
Status : mahasiswa Jurusan Elektro Universita Lampung
Jabatan di Puskomas : Koordinator Humas Puskomnas FSLDK Indonesia 2011-2012
Penulis (rin)
Sumber : http://fsldk.org

0 comments: